Senin, 13 Desember 2010

Tips Jika Ponsel Basah Terkena Air


Seringkali kita lupa menaruh ponsel hingga terjadi hal yang tidak kita inginkan,seperti menaruh ponsel di saku celana,kemudian memasukan celana tersebut ke dalam tempat cucian yang sudah dipenuhi air,atau bahkan masuk ke mesin cuci…

Tentunya ponsel tersebut basah bukan? Syukur-syukur kalau ponsel tersebut merupakan ponsel yang memang didesain untuk tahan terhadapat air,kalau tidak?



Beberapa langkah berikut ini mungkin dapat membantu masalah yang kamu hadapi,silahkan mencoba


  • Jangan menghidupkan ponsel ketika dalam keadaan basah,karena akan mengakibatkan terjadinya korsleting pada sirkuit dalam ponsel.
  • Lepas cassing ponsel dan piranti lainya seperti batrey,untuk memutus sumber daya.Dan juga SIM card maupun memory card,untuk mencegah kemungkinan hilangnya data
  • Ambil kain yang dapat menyerap air,misalnya kain handuk.keringkan ponsel dan piranti-pirantinya menggunakan kain tersebut.
  • Lanjutkan pengeringan menggunakan alat pengering seperti hair dryer atau kipas angin.Jika menggunakan hair dryer,berilah jarak antara hair dryer dengan komponen pada ponsel (sekitar 20-30 cm),karena ini akan berpengaruh pada komponen IC,lebih baik kamu menggunakan kipas angin atau vacuum cleaner.(pengeringan sekitar 30 menit)
  • Pengeringan ponsel juga dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan sinar matahari atau lampu yang panas,dengan cara menjemur ponsel tersebut,sebelumnya pisahkan dulu antara ponsel dan batrey.
  • Tetapi,cara pengeringan ponsel dengan cara dipanaskan seperti diatas juga kurang baik untuk komponen IC dalam ponsel.Untuk lebih aman,kamu bisa menggunakan beras untuk mengeringkan ponsel.


*Beras mempunyai fungsi seperti gel silika,yang dapat menyedot dan menyerap kelembapan.Caranya,ambil beras dan tempatkan dalam sebuah mangkuk atau wadah,lalu benamkan ponsel itu ke dalamnya.Atau dengan cara lain yang penting ponsel dapat tertimbun oleh beras

Jika ponsel sudah kering


  • Pastikan ponsel sudah benar-benar kering,kemudian kamu dapat memasang kembali batrey.Periksa apakah batrey tersebut normal,kamu dapat mencoba menggunakan batrey cadangan yang sesuai untuk memastikanya.
  • Jika ponsel menunjukan respon,seperti tombol ponsel yang menyala,kemungkinan besar ponsel kamu dapat diselamatkan.Jika layar ponsel masih belum dapat menyala,lakukan pengeringan kembali pada layar ponsel.


Sebaiknya ponsel dibiarkan dalam keadaan tidak menyala sekitar sehari,untuk memastikan ponsel maupun komponen IC benar-benar kering.

Jika ponsel masih belum dapat menyala,sebaiknya kamu segera membawa ke teknisi ponsel yang terpercaya.

sumber: yudi-setiadi.com

0 komentar:

Poskan Komentar