Jumat, 17 Desember 2010

Tips Merawat Helm Sepeda


Jakarta-Tak hanya helm sepeda motor, helm sepeda ternyata juga harus dirawat. Pemakaian helm bukan cuma buat gaya-gayaan. karena fungsinya sangat penting dalam melindungi kepala dari cedera. Untuk itu kita perlu hati-hati dalam merawatnya.


Berikut tips merawat helm sepeda:

1. Helm harus pas saat dikenakan
Saat membeli helm sebaiknya helm dicoba dulu, dan disesuaikan ukurannya, lantas dikaitkan dengan baik. pastikan helm terasa nyaman dan pas saat digunakan. Untuk mencobanya bisa dengan menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan, bila posisinya berubah, berarti helm itu terlalu longgar.

2. Kencangkan ikat helm pada bagian belakang kepala.
Helm yang sempit akan terasa sakit setelah beberapa menit dipakai.

3. Perhatikan spon atau busa pengganjal.
Karena sering digunakan dan mendapatkan tekanan, dalam kurun waktu tertentu spon akan menjadi kempis yang menyebabkan helm menjadi longgar.

4. Perhatikan masa kadaluarsa helm.
Selalu perhatikan kondisi helm, karena helm juga ada masa kadaluarsanya

5.Membersihkan helm.
Bersihkan helm dalam keadaan kering, jangan disiram air. selanjutnya dilap dengan lap basah, lantas dikeringkan dengan kain lembut.

6. Helm harus kering.
Helm yang sudah terlanjur basah jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari langsung, cukup di jemur di dalam ruangan.

7. Hindari penggunaan zat kimia yang dapat merusak stereofoam
Karena bagian dalam helm terbuat dari stereofoam, maka jauhi zat kimia yang mungkin dapat merusak bagian dalam helm tersebut, misalkan bensin atau solar

Sumber:http://gowes.inilah.com/read/detail/1062282/tips-merawat-helm-sepeda

0 komentar:

Posting Komentar