Rabu, 15 Desember 2010

Cara Mengobati Ambeien (Wasir)


Wasir (Ambeien atau Hemoroid) adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana dinding rektum dan bibir anus mengalami pembengkakan jaringan yang mengandung pembuluh balik (vena) yang terkadang disertai dengan pendarahan. Penyakit ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu.


Anus merupakan lubang di ujung saluran pencernaan yang seperti semua orang tahu digunakan untuk mengeluarkan limbah alias tinja atau kotoran, sedangkan rektum adalah bagian dari saluran pencernaan yang posisinya di atas anus. Rektum ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan tinja sebelum dikeluarkan.

Wasir atau ambeien terjadi, jika ada peregangan berulang-ulang selama buang air besar dan sembelit. Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar, karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan.


Gejala Wasir
Wasir bisa mengeluarkan darah terutama setelah buang air besar. Biasanya darah tercampur dengan tinja yang keluar. Tetapi jumlah darahnya biasanya sedikit, jadi jangan terlampau panik. Wasir atau ambeien jarang menyebabkan penderitanya kehilangan darah yang benyak sampai terjadi anemia.

Wasir yang sampai menonjol keluar sebaiknya dimasukkan kembali dengan pelan-pelan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir bisa membengkak dan menyebabkan nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk bekuan darah.

Terkadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum atau kotoran yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus bukan gejala dari wasir. Hal ini lebih karena memang sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.


Jenis-Jenis Ambeien
Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar.

Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat bab / buang air besar. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir.

Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.


Faktor Pemicu Yang Menyebabkan Ambeien

Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut di bawah ini sehingga perlu diwaspadai dan dihindari :

1. Terlalu banyak duduk

2. Diare menahun

3. Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon

4. Keturunan penderita wasir

5. Hubungan seks yang tidak lazim

6. Penyakit yang membuat mengejan penderita

7. Sembelit / konstipasi / obsitpasi menahun

8. Penekanan kembali aliran darah vena, dll.


Ciri Khas Gejala Ambeien 
Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir ada awal mulanya, sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus.

Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.


Pengobatan Wasir atau Ambeien
Biasanya wasir atau ambeien tidak memerlukan pengobatan khusus, kecuali jika sampai menyebabkan infeksi. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi sembelit dan peregangan yang menyertainya.

Juga suntikan skleroterapi bisa diberikan pada penderita wasir yang mengalami pendarahan. Suntikan ini bisa mengganti vena yang luka dengan jaringan parut.

Wasir yang parah dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi diikat dengan pita karet. Cara ini disebut dengan ligasi pita karet. Tindakan pengikatan ini bisa membuat wasir menjadi layu dan terputus tanpa rasa sakit. Cara ligasi pita karet ini dilakukan selama dua minggu atau lebih. Kadang perlu dilakukan sampai 3 – 6 kali pengobatan.

Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah), atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi). Kalau berbagai langkah di atas masih gagal juga, biasanya sebagai tindakan terakhir bisa dilakukan dengan pembedahan.

Bila wasir atau ambeien disertai dengan bekuan darah yang menyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara :

1. Jalankan pola hidup sehat

2. Olah raga secara teratur

3. Makan makanan berserat

4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet

5. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll

6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar

7. Minum air yang cukup

8. Jangan menahan kencing dan berak

9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan

10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan

11. Jika tidak ingin pup / buang air besar jangan dipaksa

12. Duduk berendam pada air yang hangat

13. Minum obat sesuai anjuran dokter

14. Mengoleskan salep obat bius lokal

15. Pengompresan dengan kemiri

Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang setelah beberapa saat. Sementara bekuan darah akan menghilang setelah 4 – 6 minggu. Pilihan lainnya adalah dengan memotong vena dan mengeluarkan bekuan darah sehingga bisa mengurangi nyeri.

Semoga pengetahuan dari artikel ini dapat memberi pengetahuan yang luas, dan bagi para penderita ambeien dapat melakukan langkah-langkah pengobatan dini untuk kesembuhan penyakit ini.

Read more: http://siradel.blogspot.com/2010/08/mengobati-ambeien-wasir.html

0 komentar:

Poskan Komentar