Rabu, 15 Desember 2010

"Overtrainning" Pada Olahraga Timbulkan Penyakit


Melakukan olahraga secara teratur, merupakan hal yang baik. Namun, jika dengan berolahraga malah membuat tubuh tidak fit, ini tidak baik. Sebaiknya, periksa kadar olahraga Anda, mana tahu terlalu berlebihan. Apa tanda-tandanya kelebihan olahraga?

Olahraga memang baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan kebugaran. Tapi kadang orang terlalu berlebihan berolahraga, dan berharap ingin cepat kurus atau ingin mempunyai badan yang ideal.


Jika seseorang melakukannya secara berlebihan atau terlalu kuat, dapat mengakibatkan "overtrainning", yaitu suatu kondisi negatif, yang dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran.

Dikutip dari Sheknows, Sabtu (9/10/2010) overtraining atau kelelahan yang berlebihan terjadi, ketika seseorang melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas, frekuensi, atau durasi yang berlebihan. Akibatnya, orang tidak mungkin melakukan pemulihan yang cukup setelahnya.

Jika hal ini sudah mencapai tahap kronis, bisa membahayakan tubuh dan dapat melenceng dari tujuan olahraga itu sendiri.

Orang yang terlalu banyak melakukan olahraga akan mengalami tanda-tanda, sbb :

1. Kelelahan kronis

2. Peningkatan cedera

3. Mudah murung dan tersinggung

4. Sakit kepala

5. Gangguan dalam hal cita rasa

6. Insomnia

7. Flu yang tak kunjung sembuh

8. Sakit pada otot dan sendi

9. Anemia

10. Depresi

11. Penurunan kinerja


Jika terdapat minimal dua gejala seperti point diatas, maka kondisi tersebut sudah harus diwaspadai. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk memulihkan kondisinya tersebut, yaitu :

1. Langkah pertama adalah pencegahan

Jika salah satu gejala sudah muncul, maka segera ubah program latihan atau olahraganya, sehingga tidak membuat kondisi bertambah buruk.


2. Saatnya untuk istirahat

Pengobatan yang paling baik untuk overtraining adalah istirahat dan pemulihan, misalnya dengan mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup, mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga menjadi dua kali dalam seminggu misalnya.


3. Memberikan bahan bakar yang berkualitas untuk tubuh

Komposisi makanan dan waktu konsumsinya menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah, serta pemulihan dari overtraining. Usahakan untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat, serta makan dua jam sebelum berolahraga dan segera setelah selesai olahraga.

Karena penelitian telah menunjukkan, bahwa tubuh akan paling responsif terhadap penyimpanan energi dalam 30 menit pertama setelah olahraga, dan respons paling rendah adalah 10 jam setelahnya.


4. Jaga tubuh agar tetap hidrasi

Tubuh akan berfungsi secara optimal, ketika berada dalam kondisi terhidrasi dengan baik. Karena itu, usahakan untuk tetap mengonsumsi air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Jika cuaca panas, maka dibutuhkan jumlah cairan yang lebih banyak.


5. Memiliki kehidupan lain selain ke pusat kebugaran

Meskipun seseorang berlatih dengan keras di pusat kebugaran, tapi ketika latihan sudah selesai, bisa kembali fokus pada hal-hal lain, seperti melakukan hobi yang dapat menyenangkan diri sendiri atau beristirahat.


Berolahraga yang baik dan benar, bukan berarti harus memaksakan hingga terlalu berlebihan. Olahragalah dengan benar, niscaya apa yang diinginkan dapat memberi dampak yang baik bagi tubuh Anda. Salam Olahraga!

Read more: http://siradel.blogspot.com/2010/10/overtrainning-pada-olahraga-timbulkan.html

0 komentar:

Posting Komentar