Senin, 05 September 2011

3 Tipe Perempuan Pencemburu + Cara Mengatasinya



Perasaan cemburu normal dalam situasi tertentu. Namun apakah sikap cemburu Anda telah berlebihan? Jika ya, maka dapat berdampak buruk pada hubungan asmara.



Seperti dilansir dari iVillage, perasaan cemburu datang dari memudarnya kepercayaan. Bagi sebagian orang mempercayai orang lain merupakan perkara mudah, namun bagi banyak orang hal itu sulit.



Bisa juga Anda telah mempercayai seseorang, namun Anda dikhianati. Alhasil Anda lebih mudah curiga dengan orang tersebut. Dalam hubungan asmara, perasaan curiga yang berlebih tersebut berujung pada kecemburuan.



Ada tiga tipe pencemburu, cemburu dalam tahap wajar, berlebihan dan tidak logis. Manakah tipe cemburu Anda? Cari tahu di sini.



Quote:
Cemburu yang Wajar






Orang yang saling mencintai wajar memiliki perasaan cemburu jika mereka merasa terancam dengan kehadiran orang lain. Dalam situasi tertentu cemburu dibenarkan, misalkan saja si dia tebar pesona dengan wanita lain atau memiliki masa lalu yang sering bergonta-ganti kekasih.






Cemburu Berlebihan






Perasaan cemburu memang bisa datang kapan saja, hal tersebut biasanya dipicu oleh pikiran-pikiran negatif. Sebenarnya orang yang masuk ke dalam tipe cemburu yang berlebihan mereka sadar jika sangat pencemburu. Masalahnya, pada saat cemburu datang mereka kehilangan pemikiran yang logis. Rasa cemburu dirasakannya lebih kuat. Rasa tersebut sulit dikontrol karena dikembangkan oleh pemikiran-pemikiran yang buruk dan hal ini berlangsung terus-menerus.






Wanita yang cemburu berlebihan biasanya berpikir pasangannya tidak setia, meskipun pada kenyataannya sang kekasih tidak melakukan apapun. Mereka cenderung melihat dunia melalui lensa yang terdistorsi. Mereka selalu melihat bahaya yang mengancam hubungannya yang sebenarnya tidak terjadi apapun. Hal ini ada hubungannya dengan rasa kepercayaan diri. Jika Anda memiliki harga diri yang tinggi, maka Anda lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. Anda juga akan berpikir 'mengapa pasangan menginginkan orang lain, ketika dia telah memiliki aku'. Namun, jika memiliki harga diri yang rendah, maka Anda akan selalu merasa terancam dengan kehadiran orang lain di hidup kekasih.






Cemburu Tidak Logis






Satu lagi tipe pencemburu yakni cemburu yang sudah sangat berlebihan atau masuk ke dalam tipe cemburu yang tidak logis. Pencemburu tipe ini biasanya tidak lagi berpikir jernih. Mereka bisa cemburu dengan siapa saja atau apa pun. Misalkan saja cemburu dengan orang yang ada di lingkungan rumah bahkan mereka tidak tahan melihat kekasih yang sedang menonton TV dan tertarik dengan para aktris dan selebriti tersebut. Cemburu tidak logis bisa disebabkan karena mereka takut ditinggalkan oleh kekasihnya.
Quote:


Jangan biarkan perasaan cemburu yang berlebihan terjadi pada Anda. Ikuti tips berikut ini untuk menghindarinya.



1. Setiap kali Anda cemburu, berikan nilai seberapa kuat Anda percaya pada skala satu sampai 10. Contoh, Anda memberikan nilai 9 karena percaya jika pacar Anda berselingkuh dengan rekan kerjanya.



2. Tuliskan alasan mengapa Anda percaya jika si dia berselingkuh, meskipun alasan tersebut terdengar konyol. Contoh, 'dia sering bekerja lembur" atau "dia mengenakan kemeja terbaiknya saat kerja".



3. Berikan waktu selama dua menit untuk memikirkan betapa kesalnya dan marahnya Anda. Kemudian tuliskan semua emosi Anda.



4. Berikan kembali waktu dua menit untuk menenangkan diri. Hirup napas dalam-dalam dan hembuskan. Pikirkan hal-hal positif dan menetralkan perasaan Anda dengan berpikir jika perasaan cemburu Anda salah. Paksakan diri Anda untuk menerima penjelasan logis. Tuliskan penjelasan tersebut, jika kekasih memakai kemeja terbaik karena ia harus presentasi atau bertemu dengan klien bukan untuk mencoba menarik perhatian rekan kerja.



5. Bacalah kembali yang telah Anda tulis dan fokuslah pada penjelasan yang logis. Percayalah jika tuduhan Anda pada kekasih tidak benar dan tidak terbukti.



6. Mungkin Anda sadar beberapa saat, namun beberapa jam kemudian Anda kembali merasa sangat cemburu. Memang tidak mudah untuk meyakinkan diri sendiri, namun setidaknya Anda sempat berpikir logis dan mampu mengendalikan diri.



7. Jika ada kasus lain dan Anda merasa cemburu lagi, ulangi langkah-langkah di atas. Untuk melatih dan mengontrol emosi Anda.
SUMBER

0 komentar:

Poskan Komentar