Jumat, 16 September 2011

Jalan-jalan Ke Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Malang



Selecta adalah taman rekreasi keluarga yang alami dan mempesona, karena disamping letaknya yang cukup tinggi – yakni 1150 m dari permukaan laut- juga gampang dijangkau, berada di desa tulungrejo kecamatan bumiaji kota wisata batu jatim. Tepatnya, berjarak 6 km sebelah utara dari pusat pemerintahan kota wisata batu, atau sekitar setengah jam arah barat dari kota malang dan 2 jam perjalanan ke selatan dari kota surabaya.
Lokasi

Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kota Batu yang dikeliling Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Untuk sampai ke sana, butuh waktu sekitar satu jam dari Kota Malang atau sekitar dua jam dari Surabaya.
Sejarah Taman Rekreasi Selecta

Tak sekedar tempat berlibur dan beristirahat, selecta menjadi obyek wisata eksotis yang mengandung nilai sejarah tinggi di republik ini. Betapa tidak, sejak berdirinya pada 1928, tempat yang awalnya dimiliki warga belanda, de ruyter de wildt, ini menyimpan sejuta kenangan dan peristiwa di jaman revolusi.

Seorang bung karno, tokoh proklamator ri, banyak termenung dan terilhami untuk menyatukan negeri majapahit ini. Dari selecta, tepatnya selama 15 hari pada jaman jepang 1942, bung karno bersama para jenderal dan prajurit pejuang demi kemerdekaan ri, menginap di villa de brandarice – sekarang bernama bima shakti- beliau merenung dan menyusun ide-ide perjuangan yang akhirnya menelorkan naskah proklamasi. Tonggak sejarah berdirinya republik indonesia tercinta.
Begitupun bung hatta, pada 1956 menjelang konferensi knip, pernah bermalam di villa bima shakti dan menorehkan “keris semangat” tentang perekonomian masa depan negeri ini. Disitu, bapak perekonomian indonesia ini menulis “tinta emas” agar membangun ekonomi melalui perkoperasian dan dimulai dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Kebersamaan ini sangat ditekankan oleh bung hatta, sehingga doktrin itu dipakai oleh manajemen pt selecta hingga sekarang. “dalam membangun perekonomian itu tidak boleh menghutang, dan kami sangat bersyukur sampai sekarang pt selecta tidak mempunyai hutang,” kilah samuel rusdy, direktur utama pt selecta menerangkan cara itulah yang menjadikan selecta besar dan tercatat sebagai pembayar retribusi pajak besar serta terdisiplin di kota wisata batu.
Fakta Keberadaan Selecta

De Brandarice sebagai saksi bisu sejarah nasional itu berdiam di areal taman wisata selecta yang luasnya 18 hektar. Di sana saat itu, bung karno menunjukkan keprihatinan teramat dalam dan sering merenung akan nasib bangsa indonesia kedepan. Beliau selalu berolah raga kecil dan berjemur diri di pagi hari, siangnya mengunci diri di kamar dan sorenya menikmati pemandangan alam yang tampak indah dari ruang santai. Dalam hal panorama, bangunan villa bima shakti ini merupakan tempat tertinggi di alam pegunungan kota batu.

Dari sana seluruh kota batu dan sekitarnya bisa dipandang dan keindahannya bisa dinikmati tanpa halangan, semua keindahan dari kejauhan mampu diterobos mata. Meski di jaman modern sekarang ini, keindahan itu masih tetap tampak jelas, di villa bima shakti yang berada di puncak bukit yang dikelilingi gunung panderman, gunung arjuno, gunung anjasmoro, serta gunung welirang yang selalu mengepulkan asap belerang.
Tak hanya itu, eksotisme panorama alam pegunungan yang indah dan sedap dipandang mata serta penuh nilai historis - tak lekang ditelan waktu- itu kini selecta melambung menjadi pioner pariwisata di kota wisata batu jawa timur, bahkan di indonesia baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara seperti dari belanda, taiwan dan malaysia.

Selecta pernah dibumihanguskan di jaman revolusi 1949 ini resmi berdiri kembali dan menjadi perseroan terbatas (pt) pada 19 januari 1950 dan menjadi milik masyarakat yang terakomodir dalam kepemilikan saham. Bahkan hal terakhir, selecta sekarang telah mempunyai total 5000 saham dengan jumlah pemegang saham sebanyak 1010 orang.

Yang sering menjadi tujuan utama dari pengunjung adalah kolam renang dan taman bunga. Kolam renang yang ada di sini penuh dengan aneka variasi (kedalaman maupun variasi papan loncat dan luncur) membuat para pengunjung tidak akan bosan berada di air,” kata Amri. Selain itu, juga masih ada taman bunga yang menjadi salah satu ciri khas dari Selecta sendiri. Banyak bunga dari berbagai jenis ada di sini, selain itu, di sekeliling juga terdapat taman yang sangat luas tersedia untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang dan udara yang sejuk.

Ada juga sepeda air, wisata berkuda untuk berkeliling Selecta, hingga outbond dan flying fox. Tentu masih banyak lagi pilihan permainan atau suasana nyaman yang akan ditemukan di Taman Rekreasi Selecta. Bahkan, Selecta juga sering di kunjungi oleh calon suami istri untuk melakukan pemotretan pre-wedding di taman bunga atau taman di sekeliling Selecta. ini tak lepas dari keindahan panorama taman rekreasi ini.



Fasilitas Dan Akomodasi

Pertama, Taman Rekreasi Selecta kini mempunyai fasilitas lengkap yang terdiri dari 4 unit fasilitas obyek wisata yang alami dan spektakuler. Pertama, Unit Taman Rekreasi yang terdiri dari Kolam Renang Sejarah, Taman 1000 Bunga, Water Park, Out Bound, Flying Fox, Perahu Columbus, Kolam Ikan air tawar, Sepeda Air, Pasar Wisata (Buah, Sayur, Bunga), Area Jogging, Arena Kuda, Aquarium Raksasa dan Goa Singa (Lion Tunnel).
Quote:
Kedua, Fasilitas Selecta adalah Unit Hotel berklasifikasi Melati 3 dengan fasilitas hotel berbintang, terdiri dari Hall berkapasitas 500 orang, 70 kamar, menampung kurang lebih 210 orang. Bahkan, Villa Bima Shakti yang penuh historis itu juga disewakan go public, dengan fasilitas 10 kamar tidur eksekutif, Ruang Tamu berkapasitas 30 kursi tamu, Ruang Konrefensi Eksklusif di lantai 2 berkapasitas 50 orang, Dapur, Ruang Makan Bersama serta Save Security System (Sistem Keamanan) dengan 7 pintu rahasia, sehingga customer akan dijamin puas dan penuh memori serta bagi yang suka online sudah dilengkapi dengan wi fi.

Ketiga, Unit Restoran yang tersebar di beberapa tempat dalam kawasan Selecta. Yakni 3 restoran : Restoran ASRI, Restoran BAHAGIA , Restoran CANTIK dan Café DAHLIA di Taman Rekreasi dekat kolam renang, dimana sambil melihat pemandangan yang eksotik kita bisa menikmati hidangan masakan yang lezat mulai masakan Indonesia dan Chinese Food. . “Semua customer akan bisa kami layani sesuai permintaan, bahkan kami juga menyediakan menu lengkap dan live music untuk acara pesta indoor maupun outdoor,” kata Sujud Hariadi Direktur Selecta.

Keempat, Unit Kebun Apel dan Sayuran. Dalam unit ini PT Selecta bekerjasama dengan masyarakat sekitar kawasan wisata, sehingga hasilnya akan bisa dinikmati bersama masyarakat. Tanaman yang diproduksi bersama petani di kawasan Selecta adalah sayuran kobis, wortel, bungkul dan sebagainya.

Akomodasi, Apabila Anda menginap di Hotel Selecta, maka Anda sudah mendapatkan fasilitas tiket masuk ke taman wisatanya dangan harga kamar mulai Rp 300.000. Sedangkan apabila tidak menginap, maka Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 12.700 untuk bisa menikmati suasana yang nyaman di Taman Rekreasi Selecta.







Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10456088

0 komentar:

Posting Komentar