Selasa, 13 September 2011

Kontrol Gula Darah dengan Yoga


Selain baik untuk kesehatan, sering melakukan Yoga juga dapat mengkontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes.

Gerakan Yoga yang lembut dapat mambantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol gula darah agar selalu dalam tingkat yang normal, dan juga mengurangi sedikit berat badannya.

Hal ini telah diteliti dengan responden sebanyak 123 orang dewasa setengah baya dan manula. Mereka menemukan bahwa para responden ini menambahkan kelas Yoga untuk perawatan diabetes mereka, dan juga merasakan penurunan berat badan selama tiga bulan latihan. Pada saat yang sama kadar gula darah rata-rat mereka tetap stabil dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan Yoga, dimana mereka menunjukkan kecenderungan gula darah meningkat.

Hal ini dilaporkan dalam jurnal Diabetes Care. Namun penelitian ini tidak menyarankan bahwa yoga bisa menggantikan berbagai macam olah raga lain untuk orang dengan diabetes tipe2, yaitu suatu penyakit yang biasanya terkait dengan obesitas.

Untuk benar-benar mengendalikan gula darah dan menghilangkan berat badan disarankan melakukan olahraga yang lebih berkeringat, karena itu akan bekerja lebih baik dibandingkan yang tidak mengeluarkan keringat.

Dari 60 responden yang mengambil kelas yoga, Body Mass Index (BMI) rata-rata ukuran berat dalam
kaitannya dengan tinggi badan menurun 25,9-25,4. BMI antara 25 dan 30 ini dianggap kelebihan berat badan.

Sumber:http://gamesisort.blogspot.com/2011/09/kontrol-gula-darah-dengan-yoga.html

0 komentar:

Poskan Komentar