Rabu, 08 Desember 2010

Keberadaan Planet Gliese 581 Kemungkinan Tidak Ada


Tim astronomi mengumumkan penemuan sebuah planet yang mirip dengan Bumi dan mungkin terdapat kehidupan disana. Tim selanjutnya, melakukan penelitian kembali, dan tidak menemukan bukti, tentang eksistensi dari planet tersebut.

Planet dengan nama Gliese 581, ditemukan mengorbit pada bintang Red Dwarf setiap 37 hari, menurut analisis dari Steve Vogt dari University of California dan Paul Butler dari Carnegie Institution of Washington. Demikian seperti yang dikutip dari New Scientist, Kamis (14/10/2010).


Tidak seperti empat planet yang sebelumnya diketahui berada di sistem bintang Red Dwarf, dan ratusan lagi yang ditemukan di galaksi Milky Way, Gliese 581 berada di tengah-tengah zona aman pada bintang Red Dwarf.


Gliese 581 berukuran sekitar tiga kali besarnya planet Bumi, dengan permukaan berbatu dan inti yang keras, yang mana kemungkinan besar dapat ditempati oleh makhluk hidup.

Tapi mungkin terlalu dini untuk mengklaim sebuah penemuan. Tim kedua yang meneliti telah mencari-cari sinyal dari Gliese 581 di data mereka sendiri, dan gagal untuk menemukannya.

"Kami dengan mudah menemukan planet 'b', 'c', 'd', dan 'e' pada sistem bintang Red Dwarf tapi kita tidak melihat bukti adanya planet ke lima di sistem bintang tersebut, yang mengorbit selama 37 hari," ujar Francesco Pepe dari Geneva Observatory di Swiss.

Dia mempresentasikan hasil temua tim kedua tersebut, pada simposium International Astronomical Union di Turin, Itali.

Read more: http://siradel.blogspot.com/2010/10/keberadaan-planet-gliese-581.html

0 komentar:

Poskan Komentar