Jumat, 10 Desember 2010

Inilah Bunglon Terkecil di Dunia


Madagascar - Bunglon terkecil di dunia ternyata ada di Gunung Amber, Madagascar. Bunglon ini ukurannya tak lebih dari kuku jari tangan.

Sepasang fotografer pecinta alam Burrad-Lucas dan saudaranya Matt menemukan keajaiban itu di sana. Bunglon ini biasa menyamarkan tubuhnya dengan bersembunyi di dekat daun-daun kering.


"Kami sedang makan saat tiba-tiba melihat seekor bunglon bergerak di bawah daun," katta Burrard-Lucas, 27 tahun. "Sungguh menakjubkan. Dia begitu kecil dan nyaris tak terlihat, sampai petunjuk jalan kami Antonio menunjukkannya kepada kami."

Ukuran dewasanya cuma seujung kuku. Bisa dibayangkan, betapa kecilnya bayi bunglon ini.

Burrard-Lucas melakukan perjalanan fotografi di gunung itu selama empat pekan. Mereka memotret flora dan fauna unik di daerah tersebut. Sampai akhirnya mereka melihat bunglon kecil dan berwarna seperti daun kering.

Yang menarik, bunglon ini memiliki lidah yang panjang. Burrard-Lucas dengan setengah becanda mengatakan, lidahnya lebih panjang dari seluruh tubuhnya. Demikian laporan Daily Mail.

Madagascar adalah salah satu surga binatang unik. Negeri yang pernah dijajah Prancis ini pernah dikunjungi oleh para pelaut dari Kalimantan dan Sulawesi pada tahun 300 sebelum Masehi. Negeri ini punya 70 jenis lemur yang tak ada di bagian mana pun di dunia. Binatang di sana 90 persen adalah binatang menyusui, amfibi, dan reptil. Madagascar yang letaknya terisolasi dari negara Afrika lainnya membuat flora dan fauna mereka unik.

sumber: takunik.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar