Senin, 05 September 2011

Restaurant anti anak-anak



McDain’s, sebuah restoran di Amerika Serikat, memicu kontroversi setelah melarang anak-anak di bawah usia enam tahun makan di tempat tersebut. Manajemen restoran merasa teriakan anak-anak sulit dikontrol sehingga mengganggu pengunjung lain.

“Restoran ini memang bukan untuk anak-anak,” kata Mike Vuick, pemilik McDain’s, restoran yang berlokasi di Monroeville, Pennsylvania, seperti dikutip dari laman Orange.

Manajemen restoran telah menyebar pengumuman kepada para pelanggan setia tentang kebi

jakan itu, seperti dilaporkanPittsburgh Post-Gazette. “Teriakan dan suara anak-anak tak dapat dikontrol, dan seringkali mengganggu pelanggan lain,” katanya.

Di situsnya, McDain’s mendeskripsikan diri sebagai tempat untuk ‘cocktails dan makan malam santai’ berbalut suasana ‘mewah, tenang, dan santai’. “Memang tidak ada yang salah dengan bayi dan anak-anak, tapi faktanya Anda tetap tidak bisa mengontrol suara mereka.”

Menurut Vuick, kegaduhan yang muncul dari teriakan anak-anak menjadi hal tidak sopan bagi tamunya yang ingin menikmati suasana tenang. Membiarkan kegaduhan terjadi menjadi semacam membiarkan keegoisan. Ia yakin masih banyak restoran yang memperbolehkan teriakan anak-anak. Yang pasti, bukan di restorannya.

Rob, seorang blogger kuliner, melihat kebijakan itu sebagai ide yang baik. “Saya pikir kita hidup di zaman pengasuhan anak yang buruk, dan banyak orangtua tidak bisa menjaga anak-anak mereka di bawah kontrol,” kata Rob.

Sementara Amy, blogger lain menentang dengan sindiran, “Orang-orang yang datang dengan anak-anak yang berlari dan berteriak di restoran adalah orang-orang yang sama yang akan menjawab dering ponsel keras di meja dan melanjutkan untuk chatting. Seharusnya ini kebijakan untuk orang-orang kasar, bukan anak-anak.”

Kebijakan serupa pernah diterapkan Olde Salty, sebuah restoran di Carolina Utara. Tidak seekstrim McDain’s, restoran ini hanya melarang anak-anak menangis histeris saat makan. “Ini demi kelangsungan bisnis, agar lebih banyak mendatangkan pelanggan,” katanya kepada jaringan NBC, seperti dikutip dari laman Shine.

Sementara di Brooklyn, New York, sebuah restoran bernama Union Hall membuat berang sejumlah orang yang datang dengan anak kecil, lantaran melarang adanya kereta bayi masuk ke dalam.

Sejumlah larangan tersebut menuai kritik tajam dari sejumlah komunitas orangtua yang memiliki balita. Kondisi ini menurut mereka menunjukkan lemahnya toleransi orang dewasa terhadap sikap alamiah anak-anak.

0 komentar:

Poskan Komentar