Sabtu, 10 September 2011

Inilah "Peta Tata Surya" Secara Lengkap Yang Telah Berhasil Di Buat NASA

Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya. Tata Surya terbagi menjadi Matahari, empat planet bagian dalam, sabuk asteroid, empat planet bagian luar, dan di bagian terluar adalah Sabuk Kuiper dan piringan tersebar. Awan Oort diperkirakan terletak di daerah terjauh yang berjarak sekitar seribu kali di luar bagian yang terluar.
Quote:
Anggota Tata Surya
Quote:
Berdasarkan jaraknya dari matahari, kedelapan planet Tata Surya ialah Merkurius (57,9 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Yupiter (779 juta km), Saturnus (1.430 juta km), Uranus (2.880 juta km), dan Neptunus (4.500 juta km). Sejak pertengahan 2008, ada lima objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Orbit planet-planet kerdil, kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet kerdil tersebut ialah Ceres (415 juta km. di sabuk asteroid; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kelima), Pluto (5.906 juta km.; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kesembilan), Haumea (6.450 juta km), Makemake (6.850 juta km), dan Eris (10.100 juta km). Enam dari kedelapan planet dan tiga dari kelima planet kerdil itu dikelilingi oleh satelit alami, yang biasa disebut dengan "bulan" sesuai dengan Bulan atau satelit alami Bumi. Masing-masing planet bagian luar dikelilingi oleh cincin planet yang terdiri dari debu dan partikel lain.
Spoiler for Solar System:

Spoiler for Solar System:

Spoiler for Solar System:

Spoiler for Solar System:

Quote:
Peta Tata Surya Yang Sudah Selesai Diibuat Oleh NASA
Planet-planet dan objek-objek Tata Surya juga mengorbit mengelilingi matahari berlawanan dengan arah jarum jam jika dilihat dari atas kutub utara matahari, terkecuali Komet Halley. Komponen utama sistem Tata Surya adalah matahari, sebuah bintang deret utama kelas G2 yang mengandung 99,86 persen massa dari sistem dan mendominasi seluruh dengan gaya gravitasinya. Yupiter dan Saturnus, dua komponen terbesar yang mengedari matahari, mencakup kira-kira 90 persen massa selebihnya.
Spoiler for Solar System:

Lagoon nebula terdiri dari awan gas dan debu dan juga di mana bintang-bintang baru terbentuk. Juga dikenal sebagai Messier 8, atau M8, Lagoon nebula pada gambar dapat dilihat pada awan besar di tengah yang dikelilingi oleh lingkaran bintang-bintang.

Spoiler for Solar System:

Bintang biru di tengah gambar diatas adalah Zeta Ophiuch, sebuah bintang yang besar dan panas bergerak diantara awan debu dan gas disekitarnya

Spoiler for Solar System:

Salah satu galaksi terdekat Yaitu Messier 33. (Juga disebut galaksi Triangulum)

Spoiler for Solar System:

Nebula Lambda Centauri, star-forming cloud di galaksi Bima Sakti kita, juga dikenal sebagai the Running Chicken nebula, terletak sekitar 5.800 tahun cahaya dari Bumi

Spoiler for Solar System:

Sebuah gambar dari galaksi yang difoto oleh WISE selama survei tata surya ini

Spoiler for Solar System:

Sisa-sisa dari supernova IC 443 juga dikenal sebagai Jellyfish nebula. IC 443 terletak berdekatan dengan bintang Eta Geminorum, yang juga terletak dekat dengan Castor, salah satu dari kembaran konstelasi Gemini.

Spoiler for Solar System:

Gambar mosaik dari tiga nebula yang merupakan bagian dari Awan Molekular Orion raksasa.

Spoiler for Solar System:

Sebuah foto dari bintang yang "minggat" dari rumahnya. Bintang AE Aurigae dikelilingi oleh awan panas dari gas dan debu sehingga disebut nebula Flaming Star.

Spoiler for Solar System:

Bintang sekarat (dying star), atau planet nebula, yang dikenal sebagai NGC 1514. Objek sebenarnya merupakan sepasang bintang, yang dilihat sebagai satu berpa bola biru ditengah gamba diatas.

Spoiler for Solar System:

Gambaran dari galaksi yang ditampilkan dalam nuansa inframerah yang berbeda.

Spoiler for Solar System:

Serpihan dari konstelasi Cassiopeia. Lingkaran merah yang terlihat di bagian kiri atas gambar adalah SN 1572, yang juga sering disebut "Tycho's Supernova." Ini juga merupakan sisa dari ledakan bintang astronom Tycho Brahe. Pada saat supernova terbentuk untuk pertama kalinya, bintang ini sangat terang seperti Venus dan dapat dilihat pada siang hari.

Spoiler for Solar System:

Kolase dari 20 komet ditemukan oleh NEOWISE pada misi WISE. Gambar ini disebut "foto keluarga tata ruang angkasa"

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6990378

0 komentar:

Poskan Komentar