Senin, 05 September 2011

Inilah 10 Rancangan Mobil Terbaik Sepanjang Masa





INILAH.COM, Jakarta – Beberapa kendaraan sejak awal penciptaannya, dibuat dengan inovasi khusus, sehingga menjadi alat tranportasi menakjubkan sepanjang massa. Berikut beberapa mobil terbaik dunia.



Ford Model T, 1908



Berawal dari Henry Ford, petani minyak mentah Michigan-Irlandia, yang bosan dari kesehariannya sebagai petani. Si jenius ini pun melarikan diri untuk fokus pada mobil. Ford sendiri terobsesi pada efisiensi.



Pada 1914, Model T bisa dibuat dalam 93 menit. Keunggulan dari model T adalah, onderdil mobil ini tersedia di seluruh katalog Sears Roebuck.



Mini, 1959



Mobil ini bukan yang tercantik, namun paling berpengaruh. Perancangnya, Alec Issigonis, terobsesi oleh ‘penampilan’ yang dalam industri diartikan sebagai efisien akomodasi. Mini memiliki inovasi menakjubkan, dengan kemudia roda depan dan mesin transverse serta roda 10 inci.



Secara estetis dan teknis, mobil ini sangat radikal, hingga sulit dikategorikan. Mobil ini juga berhasil menjadi mobil kecil pertama yang tak memiliki kelas sosial.



Jeep, 1941



Pendahulu Jeep sebenarnya merupakan versi militer Model T. Namun, pemerintah Amerika Serikat (AS) menginginkan rancangan yang tak lekang waktu. Kontrak ini akhirnya dimenangkan Willys Overland Company. ‘Jeep’ bisa dikatakan sebagai kontraksi ‘kendaraan semua medan’. Jeep sendiri merupakan mobil paling signifikan di perlengkapan militer Perang Dunia II.



Volkswagen Beetle, 1938



Berdasarkan komitmen Partai Nazi Jerman untuk memobilisasi warga (volk), pada 1930an rancangan Austro-Hungarian Bela Berenyi berhasil menjadi perhatian National Socialist. Mobil buatan Dr Ferdinand Porsche ini dibuat untuk Hitler dan secara teknis dikenal sebagai Porsche Type 60. Pada 1936, Hitler memutuskan proyek ini akan didanai gerakan Kraft Durch Freude.



Sejak itu, mobil ini dikenal sebagai Kraft Durch Freude Wagen. Karena dianggap tak memiliki masa depan, produksi mobil ini tak kunjung dimulai pada 1945. Akhirnya, produksi Beetle berhenti pada 1978 di Jerman dan pada 2003 di Meksiko.



’49 Ford, 1949



Rival General Motors membuat mobil flamboyan yang bergaya. Namun,’49 Ford-lah yang berjasa membawa rancangan mobil modern untuk masyarakat Amerika. Ernest Breech dari Ford mengatakan, “Saya punya visi dan akan memulainya dari nol”. Rancangan yang muncul dari hasil kompetisi antara perancang Ford dan pegawai freelance ini memiliki teknologi yang sederhana namun revolusioner secara komersil.



Mercedes-Benz 300SL, 1961



Mobil ini merupakan rancangan Friedrich Gieger dan teknisi Karl Wilfert serta Walter Hacker. Kendaraan ini muncul saat importir AS mengatakan bisa menjual seribu versi mobil yang memenangkan balap Le Mans 24 jam pada 1952.



Jaguar E-Type, 1961



Keturunan langsung Jaguar ini mendominasi Le Mans pada 1950an. E-type merupakan mobil paling menarik yang pernah diproduksi massal. Terlebih, tak ada ‘perancang’ khusus terlibat. Mobil ini merupakan produk jenius Sir William Lyons yang mendirikan Jaguar serta ahli aerodinamisnya, Malcolm Sayer.



Fiat 500, 1957



Bersamaan skuter Vespa, Nuoba Cinquecento merupakan simbol favorit Italia pada abad ke-20. Kendaraan berpenumpang empat terkecil ini dirancang untuk beratraksi di jalan sempit Italia. Mobil rancangan Dante Giacosa ini sangat sederhana dan ekonomis. Kendati demikian, mobil ini diproduksi hanya hingga 1975.



Citroen DS, 1955



Bagi kebanyakan orang, mobil ini merupakan kendaraan terhebat yang pernah dibuat dengan perpaduan seni dan teknologi canggih. Bodi mobil ini dirancang Flaminio Bertoni dan mesinnya diarahkan Pierre Boulanger.



Smart, 1998



Pada masa ini, mobil seakan menjadi bahan eksperimen yang tak ada hentinya dan sering muncul di majalah Jerman. Mobil awalnya menjadi proyek Swatch, yang pengembangan awalnya dilakukan di California di Swatchmobile.



Saat perusahaan itu bergabung Mercedes-Benz pada 1994, misi mobil ini berubah untuk mengatasi masalah polusi. Perancang smart menyadari, mobil kecil tak perlu mengekonomisasi kesenangan.

0 komentar:

Poskan Komentar