Senin, 05 September 2011

Hewan Laut Dalam yang sangat Menakjubkan !!!

Laut memang masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan. Entah mengapa, justru misteri - misteri terbesar yang belum terpecahkan hingga saat ini masih tersimpan dalam luasnya lautan. Namun, kali ini saya tidak akan membahas tentang misteri - misteri yang menyelimuti laut, melainkan saya akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh penghuni - penghuni laut yang pastinya belum pernah kita saksikan.



Dari sekian banyak jenis makhluk laut yang ditemukan, para ilmuwan menduga masih banyak jenis - jenis lain yang belum ditemukan. Penelitian selama 10 tahun telah menemukan setidaknya 750.000 spesies baru di lautan, dengan berbagi macam bentuknya. Mari kita perhatikan sebagian dari penghuni - penghuni laut yang unik ini.



1. Ceratonotus steiningeri







Makhluk yang mirip serangga ini menurut para ilmuwan merupakan sejenis udang. Dengan tampang yang cukup sangar, banyak yang menyangka bahwa hewan ini berbahaya, namun sebenarnya tidak. 5 tahun lalu, tidak ada yang mengetahui eksistensinya, hingga Atlantic coast of America menemukan makhluk ini pada kedalaman 5 kilometer dibawah permukaan laut. Penemunya adalah Pedro Martinez Arbizu, seorang pimpinan dari German Centre for Marine Biodiversity Research dimana Pedro bergabung dengan Atlantic coast of America ketika melakukan penelitian di laut



2. Alviniconcha sp. ( Hydrothermal Vent Snail )







Siput Hydrothermal, demikian nama yang diberikan kepada salah satu spesies siput ini karena pertama kali ditemukan dalam saluran hydrothermal di Tokyo Hydrothermal Vent, namun anehnya hanya satu ekor spesimen saja yang berhasil ditemukan, lalu kemanakah siput hydrothermal yang lain?



3. Lobster Buta







Lobster buta merupakan salah satu jenis lobster yang langka. Lobster yang termasuk genus Thaumastochelopsis ini, hanya ditemukan 4 ekor saja selama penelitian yang dilakukan AURORA pada tahun 2007. Meskipun tidak ada pihak yang mengklaim telah menemukan spesies ini, namun menurut penelitian, lobster ini ditemukan pada kedalaman 300 meter.



4. Bathykorus bouilloni







Bathykorus bouilloni merupakan salah satu jenis dari hydromedusae. Makhluk yang berbentuk mirip ubur - ubur ini ditemukan pada kedalaman 1 kilometer dibawah permukaan laut. Dalam sebuah penelitian di Arktik, ratusan makhluk ini terlihat sedang berkumpul, ini menunjukkan bahwa hewan ini hidup secara berkelompok.



5. Crysomallon squamiferum







Menurut penelitian, hewan ini termasuk dalam moluska, sehingga kemungkinan besar ia juga termasuk anggota keluarga dari siput. Jika dilihat dengan seksama, cangkangnya lebih pantas disebut armor kaena tampak menyelimuti seluruh tubuhnya.



6. Leptocheliidae sensu lato







Hewan yang termasuk dalam keluarga udang tersebut berjenis kelamin jantan dan ditemukan di pulau Lizard pada tahun 2008.



7. Vigtorniella sp. ( Polychaete Worm )







Hewan unik ini ditemukan di Teluk Sagami, Jepang pada kedalaman 925 meter dibawah permukaan laut. Makhluk ini pertama kali ditemukan pada tahun 1980'an, namun penelitian lebih lanjut tidak dilakukan pada saat itu.



8.Metapseudes sp.







Hewan laut yang berbentuk aneh ini ditemukan diantara bebatuan koral di Ningaloo, Australia Barat.



9. Protoperidinium pellucidum







Makhluk apakah itu? Sekilas ini adalah makhluk laut teraneh yang pernah kita lihat, namun sebenarnya gambar tersebut adalah hasil scan dari miskroskop elektron yang menampilkan gambar Protoperidinium pellucidum, sejenis dinoflagellata yang memiliki semacam armor. Makhluk miskroskopik ini ditemukan di Port Jackson, Sydney, Australia.



10. Squidworm







Hewan ini berbentuk seperti cacing, namun memiliki tentakel layaknya cumi - cumi. Makhluk yang ditemukan pada bulan Oktober 2007 ini ditemukan oleh tim peneliti gabungan asal AS dan Filipina. Ekspedisi yang dipimpin oleh Lary Madin dan Emory Kristof ini, didukung oleh NOAA dan National Geographic Society. Misinya untuk menemukan spesies baru di perairan Celebes, Asia Tenggara dan ketika mereka menemukan makhluk ini, mereka yakin jika telah menemukan spesies baru.



11. Spirobranchus giganteus ( Cacing Pohon Natal )







Makhluk ini memang unik. Berwarna biru, dan berbentuk layaknya pohon pinus, sehingga sering disebut sebagai cacing pohon natal. Makhluk ini ditemukan di pulau Lizard.



12. Crossota norvegica







Sejenis ubur - ubur yang ditemukan di perairan dalam Arctic dengan menggunakan ROV ( semacam robot penjelajah laut dalam).



13. Enypniastes







Makhluk menakjubkan ini juga ditemukan oleh tim peneliti gabungan asal AS dan Filipina di perairan Celebes pada tahun 2007. Hewan laut yang termasuk dalam jenis timun laut ini ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer dibawah permukaan laut. Tim peneliti tersebut memang memilih perairan Celebes karena perairan bagian dalamnya masih jarang dieksplorasi oleh peneliti lain.



14. Actinoscyphia sp.







Makhluk yang mirip dengan tanaman pemangsa serangga ( Venus ) ini ditemukan di Teluk Meksiko.



15. Tube anemone







Anemon tabung merupakan makhluk laut yang hidup di perairan tropis dan sub-tropis. Makhluk ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 cm tingginya. Tentakelnya yang indah merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri jika ia merasa dalam bahaya.



16.Marrus orthocanna







Makhluk unik yang ditemukan dalam Ekspedisi Samudera Tersembunyi NOAA ini terdiri dari beberapa bagian tubuh, yaitu tentakel dan beberapa perut. Hewan ini ditemukan pada kedalaman antara 300 sampai 1.500 meter.



17. Cyphoma gibbosum ( Siput Lidah Flamingo )







Foto hewan unik ini diambil di dekat Grand Cayman.



18. Antartic pycnogonid







Hewan ini berbentuk sangat mirip dengan laba - laba, dan pada gambar diatas menunjukkan si jantan yang sedang membawa telur. MAkhluk ini ditemukan pada ekspedisi POlarstern ANTXXIII-8.



19. Shackletonia







Hewan yang termasuk dalam keluarga Crustaceae ini merupakan spesies baru yang ditemukan dalam ekspedisi Polarstern ANTXXIII-8 di semenanjung Antartika, tepatnya di dekat pulau Gajah.



20. Siphonophore Athorybia sp.







21. Bioluminescent Jellyfish







Ubur - ubur bercahaya ini ditemukan di perairan Great Barrier Reef, Queensland, Australia.



22. Gurita Tentakel Pendek







Gurita tentakel pendek karena seperti yang terlihat pada gambar, gurita ini tampak memiliki tentakel yang pendek, atau mungkin saja gurita ini adalah salah satu spesies gurita terkecil. Hewan ini ditemukan di pulau Lizard.



23. Gurita Cirrate







Hewan laut ini bisa dijumpai di teluk Maine pada kedalaman 800 meter.



24. Halgerda terramtuentiss







Meskipun gambarnya tampak seperti sebuah rekayasa foto, namun makhluk ini kabarnya ditemukandi perairan Hawaii.



25. Euaugaptilus hyperboreus







Hewan unik yang berasal dari Arktik ini menggunakan mulutnya yang berbentuk khusus untuk memangsa korbannya.



26. Bathypelagic Ctenophore







27. Euryalid Ophiuroid-Gorgonocephalus sp.







Ditemukan pada kedalaman 800 meter di Samudera Atlantik.



28. TrachyHydromedusa







Ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer di Samudera Atlantik.



29. Enteropneust (Acorn worm)







Ditemukan pada kedalaman 2,7 kilometer di Samudera Pasifik.



30. Peniagone diaphana







Ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer di Samudera Atantik.



31. Holothurian







Ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer di Samudera Atlantik.



32. Bathypelagic ctenophore







33. Peniagone porcella







Ditemukan pada kedalaman 2,5 kilometer di Samudera Atlantik.



34. Enteropneust







Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7404500

0 komentar:

Poskan Komentar