Sabtu, 10 September 2011

Bolehkah Olahraga Sebelum Sarapan?

Banyak orang mengatakan adalah ide buruk untuk berolah raga sebelum sarapan. Namun, tidak demikian menurut sebuah penelitian. Justru olahraga sebelum sarapan adalah salah satu trik untuk menghilangkan lemak perut dengan cepat.

Biasa terjadi, kan, Anda tiba-tiba ingin menyantap makanan tidak sehat atau sedang melakukan perjalanan, sehingga pola makan pun tidak terkendali. Dalam kondisi seperti itu, Anda tidak perlu takut mengalami kenaikan berat badan kalau Anda bisa berolah raga sebelum makan pagi.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Physiology, fasted training atau olahraga dengan perut kosong mencegah kenaikan berat badan.

Jika Anda memutuskan untuk berolah raga sebelum sarapan, jangan lupa untuk banyak minum dan segera istirahat jika mulai merasa berkunang-kunang. Sebab, tidak semua orang dapat melakukan kerja berat begitu bangun tidur dan tanpa sarapan terlebih dahulu. Selesai olah raga, segera makan atau minum snack berprotein tinggi yang mengandung gula alami, misalnya protein shake dan susu cokelat.

Dan selalu diingat, olah raga bagus untuk dilakukan kapan saja. Setiap kali Anda punya waktu dan sedang in the mood, berolahragalah. Pilih latihan yang sesuai dengan tingkat kebugaran Anda dan sesuaikan dengan kemampuan. Dengan demikian, olahraga akan memperkuat jantung, dan membakar kalori serta lemak.

Jika Anda memutuskan untuk berolahraga sebelum sarapan, mungkin bisa dilakukan pada akhir pekan, saat Anda relatif tidak terburu-buru mempersiapkan diri untuk kegiatan rutin harian. Lalu, porsi latihan juga tidak perlu sebanyak dan lama. Lakukan saja sesuai kemampuan. (GHS/Dian Savitri)

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar