Minggu, 11 September 2011

Biasakan Mengawali Hari Dengan Sarapan

Pagi hari yang sibuk adalah hal biasa yang dialami oleh para karyawan khususnya di daerah perkotaan. Lalu lintas yang macet membuat sedikit waktu adalah hal berharga agar tdk terlambat sampai di kantor. Akibatnya, krn tergesa-gesa, banyak orang yg pergi ke kantor tanpa sarapan. Ada beberapa alasan mengapa seseorang tdk memulai harinya dgn sarapan. Atau ada jg yang menganggap makan pagi atau sarapan kurang penting, bahkan merupakan salah satu cara utk mengurangi berat badan dgn mengurangi masuknya makanan di pagi hari. Sebenarnya, apakah memang penting utk mengawali hari dgn sarapan? Bagaimana menyiasati agar Agan dpt secara rutin melakukan sarapan? Apa menu sarapan yang sehat utk tubuh?



Kita selalu dituntut utk memenuhi kebutuhan, krn itulah manusia tdk pernah berhenti utk beraktivitas, mulai dr pagi hingga sore hari, bahkan kadang-kadang sampai tengah malam.

Seperti halnya mobil memerlukan bensin utk berjalan, manusia jg memerlukan energi utk beraktivitas dan pagi adalah waktu kita mengawali hari utk melakukan aktivitas. Sebagai motor penggerak, sarapan adalah hal ritual yang wajib kita lakukan, mengingat kadar gula tubuh kita sgt rendah di pagi hari.
Selamat menyimak
Quote:

Quote:
Ane Yakin bgt Agan & Sista Pasti Sering Melupakan Pentingnya Sarapan Deh


Manfaat Sarapan



Quote:
Sarapan atau makan pagi penting utk dilakukan. Alasannya krn saat tidur selama kurang lbh 8 jam tubuh kita tdk ada makanan yang masuk dlm tubuh sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan. Akibatnya kadar gula dlm tubuh sgt rendah. Sedangkan pagi hari aktivitas fisik mulai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dpt melakukan kegiatan dgn baik. Semua ini memerlukan adanya energi & energi didptkan dr makanan yang disantap.

Dgn menyantap makanan yang baik, akan membuat tubuh akan merasa kenyang & akan membangkitkan semangat utk melakukan aktivitas. Agan tdk akan merasa lesu atau disibukkan oleh perut yang kelaparan. Sarapan yang sehat dpt membantu menurunkan kadar kolesterol. Secara emosi, sarapan dpt menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, saling bercerita, berkomunikasi & mendekatkan diri secara emosi. Ini merupakan hal yg baik utk menciptakan keluarga yg harmonis.
Quote:

Mengapa Tdk Sarapan?



Quote:
Wah siapa sangka ya gan, ternyata gk sedikit loh org yg melupakan sarapan! walau mereka menyadr pentingnya sarapan. Ada orang yg merasa enggan melakukannya krn beberapa alasan. Misalnya:

Diburu waktu



Agar tdk terlambat sampai di kantor, seseorang melewatkan sarapan atau hanya minum susu atau kopi sebagai sarapannya. Utk mengatasi masalah ini, ada baiknya Agan bangun lbh pagi. Agar tdk merasa mengantuk saat bangun pagi, Agan harus tidur lbh awal. Mendisiplin diri agar tdk tergoda utk menonton TV atau berinternet yg dpt membuat kita terjaga sampai larut malam.

Takut gemuk



Mengurangi jatah masuknya makanan di pagi hari dpt membuat kita terlihat langsing. Pendpt ini salah besar krn justru tanpa sarapan, kalori yang disantap bisa lbh banyak. Tanpa sarapan, metabolisme tubuh dan pembakaran lemak dlm tubuh akan menurun sehingga nafsu makan siang akan meningkat. Tubuh yg terasa lapar dpt membuat Agan mencari cemilan sehingga kalori yg masuk dlm tubuh meningkat.

Tdk terbiasa



Merasa mual atau sakit perut bila makan di pagi hari. Agan harus menanamkan dlm pikiran utk bersungguh-sungguh membiasakan diri sarapan agar tetap sehat. Coba utk tdk langsung sarapan setelah bangun tidur tetapi berikan jeda waktu antara 1-2 jam setelah bangun baru menyantap sarapan Agan. Hal lain yang dpt dilakukan adalah dgn tdk lengsung menghabiskan sarapan, tetapi membaginya dlm beberapa porsi kecil yg dpt disantap sepanjang pagi. Pastikan agar kemasan tdk rusak yg dpt menyebabkan makanan menjadi rusak.

Bosan atau tdk nafsu utk menyantap sarapan



Solusinya adalah dgn membuat menu sarapan bervariasi tdk hanya nasi goreng, roti selai, telur dadar atau menu lain yang hanya itu-itu saja. Memang hal ini tdk mudah, krn mungkin Agan yang bekerja, Agan bisa terlambat ke kantor bila harus menyiapkan makanan yg repot. Tetapi Agan dpt mencoba mempersiapkan bahan makanan utk sarapan pd malam hari. Esoknya, Agan tinggal menyelesaikan makanan dgn memasak yang akan menghemat waktu. Dgn meyediakan waktu lbh banyak, manfaat yang bisa didpt lbh banyak pula.

Quote:

Pengaruh Sarapan Bagi Otak



Quote:
Otak adalah organ penting yang sgt berharga yang diberikan Tuhan kepada manusia. Letak kecerdasan manusia jg berada di dlm organ ini, utk itu pemberian makanan yang baik dan teratur akan berpengaruh dgn fungsi dan kerja otak. Terlbh di pagi hari, setelah semalaman manusia istirahat. Pagi hari adalah waktu terbaik utk menyediakan makanan bagi otak kita, salah satunya melalui sarapan yang teratur & bergizi.

Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus utk otak, hal ini didukung dr sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dgn kecerdasan mental, dlm arti, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lbh cerdas, peka dan lbh mudah utk berkonsentrasi. Hal ini secara tdk langsung akan mendatangkan pengaruh positif terhadap diri kita dlm beraktivitas, baik di sekolah ataupun di tempat kerja.

Sarapan yang baik harus byk mengandung karbohidrat, krn kandungan karbohidrat yg kita konsumsi pada pagi hari, akan merangsang glukosa & mikro nutrien dlm otak. Krn karbohidrat merupakan slh satu nutrien yg menghasilkan energi yg berfungsi utk memacu otak.

Karbohidrat dibagi dlm dua jenis, yaitu karbohidrat simpleks & karbohidrat kompleks. Dlm hal kecerdasan otak, yg perlu dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat komplek sendiri adalah karbohidrat yang mengandung serat & vitamin yg bisa dicerna dan diserap perlahan-lahan, sehingga kadar gula dlm tubuh naik secara perlahan. Karbohidrat jenis ini banyak dijumpai pada nasi, roti, jagung & kentang .

Makanan berkarbohidrat kompleks mampu memberikan nilai lbh kepada fungsi otak, yaitu membantu memusatkan pikiran utk belajar & memudahkan penyerapan materi pelajaran. Bisa dibilang tingkat konsentrasi & penyerapan lbh baik dibanding individu yg tdk sarapan.

Sebuah survai yang dilakukan pada anak2 dan remaja menyebutkan anak yang sarapan dgn makanan yang kaya akan karbohidrat komplek, memiliki performa, lbh bisa mencurahkan perhatiannya terhadap pelajaran, perilaku yang lbh positif, ceria, kooperatif, gampang berteman dan dpt menyelesaikan masalah dgn baik. Sedangkan bagi anak yang tdk sarapan, tdk dpt berpikir dgn baik dan selalu kelihatan malas.

0 komentar:

Poskan Komentar