Sabtu, 27 November 2010

T-Rex Kalah Ganasnya Dari Monster Kutub Yang Satu Ini


Seekor reptil raksasa yang pernah hidup di laut Arktik, Kutub Utara, pada zaman Jurassic, jauh lebih ganas dibanding Tyrannosaurus Rex (T-Rex). Gigitannya diperkirakan sanggup untuk menghancur leburkan sebuah mobil.

Monster laut yang disebut Predator X ini, diperkirakan hidup 147 juta tahun lalu. Fosilnya ditemukan di Svarbald, Norwegia, dan baru digali sebagian tengkoraknya pada pertengahan tahun 2008.


"Dengan tengkorak lebih dari 3 meter, Anda bisa bayangkan begitu kuat gigitannya," ujar Joern Hurum, Associate Professor Paleontology Vertebrata di Museum Sejarah Nasional Universitas Oslo yang memimpin penggalian. Giginya saja masing-masing sepanjang 30 sentimeter.


Dengan struktur rahang seperti itu, kalkulasi kekuatannya diperkirakan 10 kali lipat gigitan aligator, buaya, dan hiu yang tekuat saat ini dan empat kali gigitan T-rex. Sementara itu, ukuran tubuh seluruhnya sekitar 15 meter dengan berat 45 ton.

Makhluk tersebut dimasukkan dalam kelompok pliosaur, jenis reptil raksasa pemakan daging berleher pendek. Fosil reptil-reptil raksasa banyak ditemukan di Svarbald, dan ini yang terbesar. Setahun sebelumnya, di kawasan tersebut juga ditemukan fosil pliosaur yang sedikit lebih kecil dan disebut The Monster.

0 komentar:

Poskan Komentar