Sabtu, 27 November 2010

Penemuan Baru Dapat Tumbuhkan Gigi Dengan Cepat


Temuan terbaru para ilmuwan di Inggris menyatakan, seseorang bisa mengganti giginya yang copot dengan cara menumbuhkan gigi baru.

Cara menumbuhkan gigi baru ini, dengan menanamkan 'sekuncup' sel pada gusi. Sel ini nantinya akan tumbuh menjadi gigi baru, penganti gigi yang telah hilang. Pasien yang menjalani prosedur penanaman sel bakal gigi ini, harus dibius local. Dan gigi akan tumbuh hanya dalam beberapa bulan.


Professor Paul Sharpe dari Dental Institute of King's College di London menyebutkan, prosedur baru ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode penumbuhan gigi yang digunakan sekarang.

Saat ini, operasi penumbuhan gigi dapat melebar. Pasien harus memiliki tulang rahang yang kuat. Bagi sebagian besar pasien, hal ini bisa menjadi masalah. Cara baru yang ditemukan Sharpe dan rekannya, memanfaatkan sel induk yang diambil dari tubuh pasien.

Kemudian dimodifikasi melalui percobaan laboratorium, sehingga bisa menjadi sel yang tumbuh menjadi gigi baru. Selang beberapa minggu, sel tersebut diuji coba untuk mengetahui jenis gigi apa yang akan dikembangkan. Setelah diseleksi, bakal gigi yang paling baik akan terpilih untuk ditanamkan pada gusi.

0 komentar:

Poskan Komentar