Senin, 29 Agustus 2011

Makan buah dulu baru makan nasi [Pict]





Rahasia makan buah dahulu sebelum makan nasi atau daging sangat luar biasa. bisa mencerdaskan kita. Kebiasaan orang Indonesia kan sebaliknya makan nasi dulu setelah kenyang baru makan buah. Ini kebiasaan yang salah mari kita rubah. Pantas saja anak-anak sekolah atau kuliah mudah ngantuk di pagi hari karena kebiasaan salah ini. Sesuai dengan Al Qur`an yaitu: “ Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.”(Q.S. Al Waqi`ah 20-21)



Dalam ayat tersebut Allah swt menerangkan tentang makanan penduduk syurga. Yang menarik di sini, bahwa Allah menyebutkan buah-buahan dahulu, baru kemudian daging.



Kebiasaan orang-orang Yahudi adalah selalu makan buah dulu baru makan nasi, daging dan lainya. Mereka sudahmengetahui rahasia dalam Qur`an sedangkan para muslimin kadang ditipu mereka. dengan kebiasaan makan nasi dulu baru buah. Mari back to Qur`an.



Buah-buahan dicerna lambung dan selesai hanya dalam waktu 15-20 menit, kecuali pisang, 45 menit. Zat gula di dalam buah ini langsung memberi kita energi instan yang kita perlukan untuk bekerja sejak pagi hari. Karbohidrat (nasi, jagung, mi, roti) kalau dimakan sendiri, tanpa sayur atau lauk, akan memakan waktu dua jam untuk dicerna lambung. Sedangkan protein hewani (ayam, daging, ikan, telur) kalau tidak dicampur yang lain, memakan waktu sekitar 3-4 jam untuk dicerna lambung. Kalau mencampur karbohidrat dengan protein hewani seperti kebiasaan kita di Indonesia,lambung memerlukan waktu lebih dari enam jam untuk mencernanya



Pukul 04.00 - 10.00 tubuh kita melakukan proses pembuangan sisa metabolisme dan sisa-sisa makanan dari usus besar. Kelenjar penghasil enzim pencernaan belum aktif pada jam ini. Itu sebabnya kita dianjurkan makan pagi hanya buah-buahan, sebab buah tidak memerlukan enzim yang lain selain enzim saliva yang ada di mulut kita (makanya kita harus mengunyah buah sampai lumat sebelum menelannya). Dari situ, keyakinan kepada kebenaran Al Qur’an semakin bertambah. Bahwa apa yang disebutkan oleh Allah swt dalam Al Qur’an benar adanya.

Mari kita coba masih ngantuk kah saat Saat Beraktifitas ato dalam kegiatan lainnya ??
SUMBER

0 komentar:

Poskan Komentar