Minggu, 04 Juli 2010

Goa Terbesar di Dunia

Dimanakah Goa Terbesar di Dunia?

Sekitar 20 tahun yg lalu, seorang petani mendengar suara mirip siulan yg keras dari arah hutan. Setelah ditelusuri, suara itu berasal dari sebuah celah kecil yg ternyata merupakan pintu masuk sebuah goa yg dialiri sungai di bawahnya. Goa yg kini dikenal dg nama Hang SoN Doong (Goa Sungai Kuning) itu tak terjamah sampai ketika sekelompok penjelajah Inggris yg didampingi Peneliti dari Hanoi Science University memasukinya pd awal tahun 2009. Mereka menemukan "ruangan" (Cave Chamber) terbesar di dunia.
Jalur utama di ruangan itu tingginya 198 meter dg lebar 152 meter dan panjang sekitar 4.5 km. Banjir musiman yg datang setiap tahun menghentikan para petualang itu untuk menjelajah lebih jauh.
Selain banjir, tim tersebut harus berurusan dg lipan berbisa yg jenisnya hanya ada di wilayah itu. Sebuah danau juga ditemukan di goa itu yg kedalamannya mencapai 50 meter - berdasarkan ukuran tali terpanjang yg dimiliki tim untuk menggali kedalaman air.
Hang Son Doong adalah satu diantara lusinan goa terbesar yg terdapat di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Penemuan ini menggeser posisi "Goa Rusa" Malaysia yg memiliki ukuran 91 meter x 91 meter dari urutan teratas goa terbesar di dunia.
Namun, posisi Vietnam ini mungkin tak akan bertahan lamakarena gambar satelit terbaru menunjukkan adanya sejumlah areal goa yg lebih luas lagi di sekitar Amazon..

0 komentar:

Posting Komentar