Minggu, 04 Juli 2010

Kotamadya Sebatik Solusi Benahi Perbatasan

Kotamadya Sebatik Solusi Benahi Perbatasan

Wagub Farid Wadjdy mengatakan, rencana pemekaran Kecamatan Sebatik menjadi kota yang selama ini bergulir merupakan salah satu solusi yang harus dilakukan pemerintah untuk membenahi perbatasan. Apalagi, kata Farid, Sebatik yang masuk wilayah Kabupaten Nunukan sangat potensial untuk dinaikkan statusnya lantaran berhadapan langsung negara tetangga Tawau, Malaysia.

“Saya kira ini sangat baik dan tentu seluruh komponen wajib mendukung hal ini,” tandas Farid Wadjdy kepada Radar Tarakan.

Wagub berharap, pembangunan di Sebatik ke depan jika benar-benar agenda pemekaran ini berlangsung baik secara bertahap pembangunan tentu akan lebih baik dan bisa mengimbangi negara tetangga.

“Sudah pasti secara bertahap kami yakin bisa terbangun sesuai harapan, karena bagaimanapun juga setelah menjadi daerah otonomi Sebatik pasti dapat berbuat banyak,” ujarnya.

Farid juga menjelaskan, selain sudah merekomendasikan dalam bentuk dukungan pembentukan status kota bagi Sebatik, pemerintah provinsi juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian kawasan perbatasan yang belakangan tidak menentu. Belum lagi, kawasan ini sangat di dukung oleh potensi dunia perikanan dan pariwisaya yang cukup baik untuk dikembangkan.

“Nah, salah satu solusi yang sudah kita rekomendasikan adalah kita sudah mendukung pembentukan status menjadi kota ini yang diharapkan dapat menggunakan potensi yang ada, seperti pariwisata maupun perikanan yang selama ini digeluti oleh warga setempat, atau hal lain yang sangat berpotensi menghasilkan bagi bakal calon kotamadya ini,” jelas Farid.

Dia menyebutkan, bentuk dukungan lain yang tengah diperjuangkan pemerintah provinsi adalah mendorong proses pemenuhan persyaratan-persyaratan yang wajib dipenuhi oleh Sebatik agar segera menjadi kotamadya.

“Berkasnya masih dalam peroses, makanya kita dorong terus bagaiman nanti bisa memenuhi persyaratan-persyaratan yang wajib dilengkapi agar bisa cepat terealisasi,” katanya lagi.

Secara khusus, Farid Wadjdy berpesan, agar seluruh komponen memperkuat diri dengan kekompakan untuk mewujudkan keinginan terbentuknya Kotamadya Sebatik. “Saya rasa yang pertama adalah pasang kekompakan, saya mengharapkan agar seluruh kekuatan pulau sebatik untuk membangun satu kebersamaan dan kekompakan mewujudkan terbentuknya Kotamadya Sebatik ini,” imbuhnya.(*/nat)

Sumber : Radar Tarakan (3 Juli 2010) Borneo
Ardiz Tarakan Borneo

0 komentar:

Posting Komentar