Minggu, 04 Juli 2010

Ilmuwan Australia Kembangkan Udang Genetik

Ilmuwan Australia Kembangkan Udang Genetik

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi udang yang meningkat, para ilmuwan mengembangkan udang genetik untuk jenis Udang Black Tiger.

Setelah penelitian dan perkembangbiakan selama 10 tahun, para ilmuwan dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) akhirnya berhasil mengembangkan udang harimau yang akan mengurangi import makanan laut yang paling digemari di Australia itu.

“Hasil kembang biak udang itu pun akan meningkatkan kapasitas panen udang di Australia dari sekira 5 ton per hektar menjadi sekira 17,5 ton per hektar. Tentu saja hal ini akan menghilangkan ketergantungan impor udang yang 50 persen mendominasi pasar makanan laut di Australia, khususnya imppor melalui China dan Vietnam,” ujar pihak CSIRO diwakili oleh Direktur Pengembangan Makanan Masa Depan, Bruce Lee, seperti dikutip melalui Yahoo News, Minggu (5/7/2010).

Udang windu itu dibesarkan di kolam dengan kadar garam yang cukup dan sistem loop tertutup. Udang itu juga hanya diberi makan tepung gandum yang dicampur dengan makanan ikan.

“Terdapat beberapa keuntungan dari hasil pengembangbiakan ini, kita tidak lagi perlu jaring untuk mengambil udang dari laut,” kata Lee.

CSIRO mengatakan, secara hipotesis, produksi udang harimau ini akan meningkat menjadi 12.500 ton dari 5.000 ton per tahun, atau menambahkan pendapatan sekira 120 juta dolar Australia hingga tahun 2020 nanti. [okezone]

0 komentar:

Posting Komentar